Saturday, February 11, 2017

Mencari Pekerjaan..

Ketika sudah lulus kuliah saya punya keinginan untuk dapat bekerja di perusahaan ternama, ya sebenarnya juga ga ngincar ternamanya tapi gaji/salary yang tinggi (lumayan buat modal untuk menghadap camer), contohnya Pertamina, Exxon Mobile, Schlumberger, Freeport dll. Tiap haripun saya gunakan waktu dan kesempatan untuk mencari lowongan kerja dan mencoba melamar pekerjaan yang ada. Bahkan saya ingat sebelum saya wisuda pun sudah sempat ditelpon oleh salah satu lawfirm di Jakarta menawarkan tawarannya untuk saya dapat bergabung di lawfirm tersebut, namun saya tidak mengambil kesempatan tersebut karena waktu untuk interviewnya bertabrakan dengan waktu wisuda saya (wisuda S1 kan sekali seumur hidup, masa' ya ditinggalkan).  

Melamar pekerjaan itu mudah, tapi untuk dapat dipanggil oleh suatu perusahaan guna melaksanakan serangkaian tes rekrutmen itu yang susah/jarang didapat. Saya melamar kerjaan via online maupun datang langsung ke beberapa jobfair yang diadakan baik di Jogja maupun diluar Jogja sebagai contoh Jakarta, Semarang bahkan Surabaya. Melamar pekerjaan via online rasanya gampang sekali hanya saja ada beberapa persyaratan yang perlu kita siapkan untuk diupload, seperti halnya ijazah, KTP, sertifikat dll. Sayapun memiliki beberapa akun di Jobstreet dan JobDS. Tiap hari akun tersebut saya buka untuk saya "klik" melamar pekerjaan yang tersedia, namun dari ratusan lamaran yang saya klik hanya satu dua perusahaan yang mengundang saya untuk melakukan tes dan itupun lokasinya jauh-jauh bahkan hari esoknya atau lusa harus sudah ditempat tes, melihat waktu dan tempat seperti itu ya saya lagi-lagi ga bisa datangin panggilan tersebut.

Lumayan frustasi karena kerjaan sehari-hari mantengin akun dan menunggu panggilan, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendatangi jobfair di Jakarta, memang bapak saya pernah bilang "kalo sudah lulus kuliah kamu stay aja di Jakarta kan di Jakarta banyak lowongan kerja". Bermodalkan tas berisikan baju dan dokumen-dokumen untuk diserahkan ke perusahaan sewaktu jobfair nanti saya pun berangkat dari Jogja naik kereta ke Jakarta. Sampainya di Jakarta, Alhamdulillah saya punya tumpangan untuk menginap yakni ditempat om (adik bapak) saya. Hari esoknya saya pun mendatangi yang namanya Kompas Karierfair 2014 untuk pertama kalinya. Sehabis sarapan saya nge-gojek menuju Gedung Balai Kartini tempat diselenggarakannya Kompas Karierfair tersebut. Waktu menunjukkan pukul 7 pagi dan antriannya pun sudah mengular sampai jalanan (ga kebayang gimana saya bisa dapat pekerjaan nih begitu banyak orang/pesaing saya). Menunggu sekitar satu jam-an akhirnya pintu dibuka, benar-benar pertama kali pengalaman datangin jobfair, diluar antrian panjang di dalamnya dusel-duselan seperti di terminal. Keringat mengucur, kaki sudah mulai pegal-pegal, folder/map menjadi tatakan untuk mengisi formulir pekerjaan dan satu per satu dokumen yang saya bawa sudah mulai habis. Pokoknya setiap lowongan pekerjaan yang tersedia saya mencobanya untuk mendaftar, baik itu perusahaan retail, manufacturing, perbankan,sampai perusahaan rokok saya daftar.

Seusai Kompas Karierfair sayapun menunggu panggilan sambil juga mengikuti jobfair-jobfair lainnya seperti Jobfair di Gelora Bung Karno, Jobfair UNDIP Semarang, Jobfair ECC UGM, Jobfair UNS Solo dan Jobfair ITS Surabaya. InsyaAllah saya akan mencoba apabila ada waktu untuk berbagi pengalaman yang tentunya berbeda-beda di setiap Jobfair-Jobfair yang saya pernah datangi di blog ini.

Akhirnya setelah menunggu beberapa minggu, perusahaan retail ternama yakni Superindo atau PT. Lion Superindo mengundang saya untuk melakukan serangkaian tes rekrutmennya di Head Office (CSO) Jakarta Pancoran. Saya akan melanjutkan cerita pengalaman tes kerja saya dan sampai akhirnya diterima di Superindo di postingan berikutnya dalam blog ini.

Pelajaran yang saya dapatkan selama mencari pekerjaan baik itu via online maupun mendatangi berbagai Jobfair adalah apabila anda (para pencaker/pencari kerja) melamar via online bisa jadi membutuhkan waktu yang lama atau bahkan tidak langsung dipanggil oleh perusahaan yang kamu lamar dikarenakan menurut sepemahaman saya banyak perusahaan cuman menjadikan dasar lamaran anda menjadi database bagi mereka sehingga apabila mereka membutuhkan baru mengontak anda tetapi tidak menutup kemungkinan juga apabila anda langsung melamar via situs resminya perusahaan tersebut anda langsung akan dipanggil untuk mengikuti serangkaian tes rekrutmennya, seperti pengalaman saya melamar pekerjaan via situs resminya PT.Pembangkitan Jawa-Bali (PT.PJB). Sedangkan sepengetahuan saya apabila anda para pencaker mendatangi langsung Jobfair, besar kemungkinannya akan segera dipanggil dikarenakan perusahaan tersebut biasanya lagi sangat membutuhkan karyawan baru untuk segera mengisi kekosongan dibeberapa posisi/jabatan dalam perusahaan tersebut.
Adapun yang menyelenggarakan serangkaian tes rekrutmen suatu perusahaan menggunakan vendor/pihak ketiga yakni: PPM Management, LP3T UNAIR, ECC UGM dan lainnya.

Himbauan saya pada para anda pencaker, apabila ingin mendatangi suatu Jobfair untuk terlebih dahulu melakukan riset/survey tentang Jobfair tersebut dikarenakan ada beberapa Jobfair yang cuman mementingkan penghasilan/uang masuk dari para pencaker yang datang dimana para pencaker harus membayar tiket masuk dan ketika sudah masuk lowongan pekerjaan yang tersedia pun tidak banyak bahkan untuk lulusan SMA bukan D3/S1 (saya sudah punya pengalaman akan hal ini). Sekarang seharusnya sudah tidak boleh menarik biaya tiket masuk dalam sebuah Jobfair karena sudah ada peraturan perundang-undangan yang melarang akan biaya tiket masuk Jobfair dimana Jobfair diadakan secara gratis tis... setahu saya peraturan tersebut dalam Permenaker, silahkan langsung dicari di mbah google peraturan tersebut.

                               [Source Gambar: Google]

0 comments:

Post a Comment