Sunday, February 12, 2017

Jobfair di Gelora Bung Karno

Sewaktu masih mencari-cari pekerjaan, saya mendapatkan informasi bahwa akan diadakan Jobfair di Gelora Bung Karno (GBK). Hari sebelumnya saya pun sibuk untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang nantinya dapat saya serahkan ke perusahaan ketika Jobfair tersebut. 

Di hari tersebut paginya setelah saya sarapan saya bergegas untuk berangkat ke GBK menggunakan TransJakarta, untungnya akses menuju GBK sangat mudah dan hari cerah. Setibanya di GBK saya pun cukup bingung lokasi Jobfair tersebut karena GBK begitu luas, kemudian setelah jalan kesana-kemari ada mas-mas yang memakai baju kemeja celana kain membawa map seperti mau mendaftar pekerjaan lalu saya ikuti saja mas-mas tersebut dan benar menuju ke lokasi Jobfair tersebut.

Ketika ingin memasuki lokasi Jobfair tersebut ada beberapa orang mengantri sesuatu mungkin saya pikir disitu loketnya karena posisinya diluar gedung, kemudian saya ngikut mengantri dan akhirnya mengambil selebaran formulir ternyata formulir tersebut formulir data untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta berbasis IT saya lupa namanya apa, kemudian saya lanjut lagi masuk ke dalam GBK dan akhirnya benar-benar menemukan loketnya. Sewaktu itu saya masih belum tau peraturan yang melarang adanya penarikan biaya/tiket masuk bagi para pencaker yang akan memasuki suatu Jobfair, disitu saya harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp.30.000,-/orang (bisa dibayangkan berapa omsetnya sehari untuk vendor yang menyelenggarakan jobfair tersebut), di pintu masuk saya harus mengisi formulir data diri saya, ketika masuk saya cukup kaget ternyata Jobfair ini tidak terlalu besar (tidak seperti yang diiklankannya di koran), ruangannya kecil, stand/boothnya pun kecil, saya dapat melihat ada beberapa perusahaan swasta yang ikut serta dalam Jobfair itu dari mulai perbankan, manufacturing, bahkan sampai perkebunan sawit. Karena tidak terlalu besar seperti Kompas KarierFair jadi saya pun kecewa dan hanya melamar satu pekerjaan saat itu. Alhasil menunggu berminggu-minggu untuk dipanggil tidak ada hasilnya.

Pelajaran yang saya dapat ambil dari Jobfair ini adalah seharusnya saya melakukan riset/mencari tau terlebih dahulu Jobfair ini, siapa yang mengadakan, dan apa ada biaya tiket masuk atau tidak. Sebenarnya semua dapat anda dapatkan melalui KasKus.

                                [Source Gambar: Google]

0 comments:

Post a Comment